Beginner

Posted: Oktober 13, 2013 in Intermezzo

Kemarin, tgl 12 Okt 2013, untuk pertamakalinya saya menyicipi atmosfer tes PPDS. Baru tes akademik aja sih. Jurusannya? Ehm.. Pediatri. Pesertanya 29 orang, minus 1 orang yang nggak datang ujian. Satu angkatan peserta dibagi dua kelas. Kelas kami bergabung dengan calon PPDS Gizi Klinik, Forensik, Anestesi, Bedah, Obsgin, Neurologi, 1 lagi lupa.. Krikkrik..

Tes akademik ini tertulis, dengan sistem pilihan ganda sebanyak 71 soal. Jumlahnya nggak lazim, tapi semoga saja 21 di antaranya adalah soal bonus. Hehe.. Sebagian besar adalah soal kasus, yang, tentu saja belum pernah saya jumpai di puskesmas pedalaman (tepok jidat), jadi agak sulit dilogika. Rata-rata ada sekitar 3-5 soal merupakan kasus-kasus yang serupa tapi tak sama. Gejalanya mirip, tapi penyakitnya beda. Pilihan a, b, c, d, e-nya untuk ke-3-5 soal itu sama persis, seperti diagnosis banding (differential diagnosis), hanya kasusnya saja yang berbeda-beda. Syukur-syukur kalau kasusnya khas dan pilihan jawabannya tersedia. Kalau yang membingungkan & menjebak?

Ada satu contoh soal kasus yang paling ajaib. Anak umur sekian tahun, datang dengan batuk dan stridor. Apa diagnosisnya? I really didn’t have any idea. Beberapa pilihan yang masih saya ingat adalah a.lupa, b.croup, c.lupa, d.epiglotis, e.batuk rejan, dua dari pilihan jawaban itu sudah saya pakai di soal kasus lain. Biasanya stridor ada di penyakit difteri, tapi nggak ada di pilihan-pilihan itu. Saya cuma bisa garuk-garuk kepala. Hehehe…

Nggak ada alasan soal kurang belajar atau kurang persiapan. Setiap tindakan pasti ada konsekuensinya. Tesnya sulit? Ya iya lah.. Tapi yang lain juga bilang gitu. Jadi masih belum pasti bakal tereliminasi di awal atau nggak. Berdoa aja supaya bisa maju ke tahap berikutnya, yaitu psikotes & tes kesehatan. Mudah-mudahan yang diterima lebih banyak daripada semester lalu yang cuma 6 orang, dan saya salah satunya. Aamiiiinn.. (‾ʃƪ‾)

*Follow @raiyaroof via twiter

Komentar
  1. ardastimin mengatakan:

    croup?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s