Ngemis Student Loan

Posted: September 29, 2013 in Intermezzo

100 USDStudent loan alias pinjaman mahasiswa bukanlah hal baru di negara-negara maju. Pinjaman ini berupa kredit yang diberikan oleh negara kepada mahasiswa selama kuliah dari S1 hingga S3, guna membiayai uang kuliah, buku-buku, dan biaya hidup. Umumnya dana ini dicairkan setiap minggu selama batas waktu tertentu dan baru dibayar/dikembalikan setelah periode pinjaman berakhir atau pilihan lainnya adalah setelah yang bersangkutan mendapatkan pekerjaan & penghasilan yang memadai. Di sebagian besar negara, pinjaman ini tidak berbunga selama masa pencairan dana dan baru ditambahkan bunga dan pajak saat memasuki masa pengembalian utang. Tujuan student loan ini untuk menjamin setiap warga negara memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya tanpa khawatir kehabisan dana meski tidak mendapatkan beasiswa. Di samping itu, pembiayaan berdasarkan utang kepada negara yang masa pencairannya sangat dibatasi berefek memacu mahasiswa untuk lulus tepat waktu kemudian segera mencari pekerjaan yang layak agar dapat segera membayar utang biaya kuliahnya.

Student loan tidak bersifat cuma-cuma seperti beasiswa. Lembaga milik pemerintah yang mengelola student loan cukup selektif dalam menerima permohonan pinjaman dari para mahasiswa atau calon mahasiswa. Di samping itu mereka juga mengingatkan agar para pemohon mempertimbangkan student loan sebagai jalan terakhir, mengingat pinjaman ini nantinya akan berbunga dan dikenai pajak yang tinggi sehingga jika tidak pintar memilih metode pengembaliannya, dapat merugikan yang bersangkutan. Pembayaran utang student loan akan lebih ringan jika segera memulai masa pembayaran setelah masa pencairan berakhir, atau dengan kata lain memilih metode pembayaran sedini mungkin. Di beberapa negara, student loan disediakan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Akan tetapi penetapan bunga yang tinggi oleh pihak swasta sering merugikan peminjam, sehingga kebanyakan tidak diijinkan lagi oleh pemerintah.

Di Indonesia saya masih belum pernah mendengar ada kredit untuk mahasiswa seperti student loan di negara barat. Padahal kredit ini sangat bermanfaat bagi lulusan SMA yang tidak dapat kuliah karena tidak ada biaya. Dengan adanya student loan maka kesempatan untuk meraih pendidikan tinggi akan terbuka lebar, sehingga sudah barang tentu kualitas sumber daya manusia di Indonesia akan jauh meningkat. Dengan pendidikan yang tinggi, para sarjana akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan atau membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Salah satu bidang pendidikan yang sangat membutuhkan student loan adalah pendidikan kedokteran, terutama di jenjang post graduate yaitu saat ingin melanjutkan ke program pendidikan dokter spesialis (PPDS). Ada ribuan dokter umum di Indonesia yang hanya bisa bermimpi ingin menjadi dokter spesialis karena terkendala biaya. Meski pemerintah pusat dan daerah menyediakan beasiswa, jumlah penerimanya sangat terbatas, sehingga tidak dapat mengakomodir seluruh peminat PPDS. Saya sangat berharap pemerintah dapat mempertimbangkan student loan di Indonesia. Ketimbang uang triliunan Rupiah dipakai untuk mengimpor daging sapi, lebih baik dana tersebut digunakan untuk mengutangi mahasiswa yang benar-benar serius ingin kuliah setinggi mungkin. Biarlah orang Indonesia tidak makan daging, cuma makan tahu-tempe, yang penting generasi mudanya terdidik dan mampu bersaing baik di dalam maupun luar negeri.

(Curhatan dokter umum yang bermimpi ingin jadi ahli tapi bayar sekolahnya mahal)

*Sumber: Wikipedia

Follow @raiyaroof via twitter

Komentar
  1. rifa mengatakan:

    Keren, mudah-mudahan bisa dibaca oleh para petinggi negara ini

  2. raiyaroof mengatakan:

    yup.. harusnya pemerintah ngasih bantuan yg real & harus dipertanggungjawabkan oleh siswa/mahasiswanya sendiri..

  3. Magda mengatakan:

    Googling2, ternyata sudah ada yg menulis tentang student loan disini🙂 Saya punya aspirasi yang sama dan menulis ide soal student loan, tolong bantu vote, like n share dunk🙂 Pasti banyak yang punya harapan sama. Siapa tau lama-lama terbaca oleh yang berwenang dan terealisasi.Terimakasih sebelum dan sesudahnya;
    http://writing-contest.bisnis.com/artikel/read/20140401/377/216769/membangun-masyarakat-beradab-melalui-pendidikan-dengan-student-loan

  4. DANAdidik mengatakan:

    Hi, kalau masih mencari mungkin bisa check http://danadidik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s