Kukila

Posted: Juni 26, 2013 in Books section

kukila[Resensi] ‘Kumpulan Cerita.’

Beberapa bulan yang lalu seorang penulis ternama menyebut-nyebut buku ini dalam kicauannya di twitter. Saya yang belum mengenal penulis ini pun penasaran, sebagus apa buku ini. Apalagi buku ini diterbitkan oleh penerbit terbesar di Indonesia.

Kukila berisi sekumpulan cerpen yang ditulis oleh M. Aan Mansyur, seorang penulis dan jurnalis asal Bone, Sulawesi Selatan. Kukila diambil dari judul novelet yang mengisi hampir sepertiga dari buku ini. Cerita Kukila sangat kental beraroma budaya dan cerita rakyat dari daerah asal sang penulis. Meski agak terlalu panjang tanpa premis yang jelas, cara penuturannya yang unik cukup menarik. Selain alurnya maju-mundur, novelet ini juga ditulis dengan menggunakan sudut pandang yang berganti-ganti. Butuh konsentrasi, namun membuat pembaca penasaran dengan bagaimana cerita ini akan berakhir.

Selanjutnya ada 15 judul cerpen yang sangat menghibur. Beberapa di antaranya (menurut tebakan saya) berisi curahan hati penulisnya sendiri: tentang masa kecilnya, keberadaan ayahnya, rasa cintanya kepada ibu kandungnya, dan kisah cintanya sendiri. Sedangkan sisanya adalah cerpen-cerpen biasa yang luar biasa. Biasa karena mengangkat tema-tema perselingkuhan yang sudah lumrah kita temui di kehidupan nyata, namun indah dalam penuturannya yang mengalir alami dan diakhiri dengan penutup yang luar biasa! Tidak terlalu vulgar, tapi juga tidak ‘menye-menye’. Penulis dengan mahir membawa pembaca terhanyut dalam rangkaian paragraf demi paragraf yang bercerita dengan lugas, lalu menghentak dengan akhir yang tak disangka-sangka.

Saya paling terhenyak saat membaca cerpen berjudul ‘Membunuh Mini’ dan ‘Celana Dalam Rahasia Terbuat dari Besi.’ Setelah terbuai dengan rasa penasaran akan ceritanya yang cukup seru, paragraf penutupnya yang menggemaskan tak pelak membuat saya memaki-maki dalam hati (ditambah karena tema perselingkuhan dan penghianatannya). Saya tidak akan menceritakan kutipannya di sini. Tanggung. Lebih baik dibaca secara utuh di bukunya. Singkat kata, Kukila adalah salah satu buku kumpulan cerita terbaik karya penulis dalam negeri yang pernah saya baca. Good job, Daeng Aan.

• Judul : Kukila
• Pengarang : M. Aan Mansyur
• Penerbit : PT.Gramedia Pustaka Utama
• Tahun terbit : September 2012
• Tebal : 192 hlm, 20 cm
• Harga : Rp.38.000,00
• ISBN : 978-979-22-8839-1

Follow @raiyaroof via twiter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s