The Innocent Man

Posted: April 8, 2013 in Books section

the-innocent-man.jpg[Resensi] ‘Ketika seluruh dunia berkonspirasi memilih seseorang yang ‘pantas’ untuk menjadi terdakwa.’

Novel ini diawali dengan kisah pembunuhan seorang gadis pekerja paruh waktu yang hidup sendirian, Debbie Carter, di sebuah kota kecil di wilayah Oklahoma. Ia ditemukan tewas mengenaskan di apartemennya dengan tanda-tanda bekas pemerkosaan sadis dan jejak kekejaman yang tertinggal di tempat kejadian perkara. Pelaku meninggalkan banyak sekali barang bukti; namun belum tersedianya teknologi canggih seperti pemeriksaan DNA membuat penyelidikan hanya berputar-putar pada identifikasi jejak pelaku yang lemah hingga akhirnya menemui jalan buntu.

The Innocent Man menampilkan ciri khas Grisham: deskripsi yang sangat mendetail dan padat. Dalam novel ini, Bab 2-4 di penuhi oleh sejarah kehidupan (atau lebih tepat disebut biografi) yang berliku-liku (dan agak membosankan) dari Ron Williamson, si tersangka yang menjadi tokoh utama buku ini. Sebagai seorang pecandu alkohol dan obat bius sejak remaja, ditambah riwayat terlibat dalam dua kasus tuduhan pemerkosaan, serta kehidupan yang kacau dan gangguan mental kronis yang tidak tertolong lagi, wajar jika Ron dicurigai sebagai pelaku pembunuhan sadis tersebut. Sekuat apapun alibinya, semua tuduhan mengarah kepadanya.

Novel ini adalah cerita nonfiksi pertama yang ditulis oleh John Grisham berdasarkan kisah hidup yang rumit dan nyata yang dialami oleh Ronald Williamson antara tahun 60-an hingga akhir hayatnya di tahun 2000-an. Hanya berdasarkan kesaksian-kesaksian palsu tanpa didasari bukti yang kuat, Ron ‘terpilih’ menjadi tersangka utama dan didakwa bahkan dijatuhi hukuman mati tanpa melalui persidangan yang adil! Ron menjadi korban kriminalisasi oleh aparat penegak hukum yang tidak bertanggungjawab; hidupnya yang kelam pun menjadi semakin terpuruk. Meski berakhir bahagia, namun fragmen hidupnya yang telah terenggut tidak dapat terbayarkan.

Memang, membaca bagian awal buku ini cukup melelahkan, namun perjalanan kasus ini ditulis dengan runut dan dan apik, sehingga memancing rasa penasaran. Meski terjadi di negara yang sangat menjunjung tinggi keadilan dan hak asasi manusia, kisah hidup Ron sungguh menggetarkan dan meremas sanubari kemanusiaan. Tak heran tanpa sadar kita akan menitikkan air mata saat menyelaminya; antara prihatin dan haru. Dan sesuai kutipan di bagian belakang sampul buku: ‘Jika kau percaya bahwa di Amerika orang tak bersalah sampai dinyatakan bersalah, buku ini akan mengejutkanmu. Jika kau percaya hukuman mati, buku ini akan mengusikmu. Jika kau percaya sistem peradilan pidana adil, buku ini akan menyulut kemarahanmu.’ 3.5 of 5 stars dari saya!

Judul : Tak Bersalah (The Innocent Man)
Pengarang : John Grisham
Alih Bahasa : Jonathan & Hanna Lesmana
Penerbit : PT.Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2011
Tebal : 552 hlm
ISBN : 978-979-22-7018-1

Follow @raiyaroof via twiter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s