A Swiss Army Knife Kind of Human

Posted: April 7, 2013 in Intermezzo

Seorang comic/komedian menulis bio twitternya: ‘A Swiss Army Knife kind of comedian’. Maksudnya ia adalah seorang komedian yang juga merangkap sebagai penulis buku komedi, penulis naskah film (juga komedi), menyutradarai film pendek komedi, dan berakting di film-film yang ia tulis. Dengan bakat yang ia miliki, dia mencoba melakukan semua bidang keterampilan yang berhubungan dengan komedi.

Saya langsung diam dan berpikir sejenak. Sebagai manusia, jika dianalogikan dengan sebilah pisau, bisakah saya berjenis pisau Swiss Army? Ada banyak alat dan fungsi yang disatukan dalam pisau ini. Walaupun bertipe paling sederhana (bodi paling tipis dengan peralatan paling sedikit), tapi tetap saja pisau Swiss Army yang serbaguna, bukan? Sesaat saya merasa sedikit ngeri jika mengingat-ingat lagi soal bentuk pisau Swiss Army – trauma!

Setelah itu mulai saya mendata apa yang yang bisa (atau mampu) saya lakukan? Selain berprofesi sebagai dokter, saya memang sedang mempelajari beberapa bidang nonformal lainnya, namun belum secara profesional. Jadi, belum saatnya berhenti belajar. Semua orang berhak dan bisa menjadi pisau Swiss Army. Saya yakin tidak ada yang mustahil jika kita percaya; yang penting mau berusaha, atau bahasa Arab-nya: “Man jadda wajada”, siapa yang bersungguh-sungguh, dia akan berhasil.

Follow @raiyaroof via twitter

Tinggalkan Balasan

