Mencela Karya Orang Lain

Posted: Februari 23, 2013 in Books section, Intermezzo

Sampai sekitar 3 tahun yang lalu saya beberapa kali membeli novel Indonesia atau terjemahan yang isinya ternyata sangat mengecewakan. Walaupun sampul dan sinopsis di bagian belakang sampulnya kelihatan bagus, tidak jarang isinya masih jauh dari harapan, padahal harganya lumayan mahal. Setelah itu saya putuskan untuk hanya membeli novel yang sudah banyak mendapar review bagus atau karya penulis terkenal yang tidak diragukan lagi kualitasnya, atau novel biasa-biasa saja tapi dijual murah/obral (yang penting asli). Untuk menambah koleksi, paling-paling saya hanya berharap bisa memenangkan kuis berhadiah novel.

Suatu hari saya mencela sebuah novel lokal best seller yang harganya mahal tapi sekitar 20 halaman pertamanya sangat buruk dan membosankan (saya tidak tahu bagaimana kelanjutannya karena novel tersebut kemudian hilang tercecer). Kepada saya seorang teman berkomentar: “nggak semua orang bisa menulis!”

Saya terhenyak mendengar sentilannya.

Namun sesaat kemudian saya menemukan pembenaran untuk hinaan yang saya lontarkan. Di era modern ini semua orang berhak untuk memiliki pendapat. Sebagai konsumen yang membayar pake uang, wajar kalau kita mengemukakan apresiasi (positif atau negatif) kita terhadap produk yang kita beli. Kita tidak harus jadi ahli di bidang itu hanya untuk mendapatkan hak berbicara dan mengkritik, kecuali memang ingin jadi kritikus profesional. Jadi tidak ada salahnya kalau kita menyesal sudah membeli sebuah produk, mencelanya, dan pada akhirnya punya pilihan untuk akan atau tidak lagi membeli produk yang sama. Hehe..

Follow @raiyaroof via twiter

Tinggalkan Balasan

