Tips Mengatur Cash-Flow Agar Tidak Boros

Posted: Februari 4, 2013 in Books section, Intermezzo

Cover bukuKepuasan dan kebahagian dalam hidup bervariasi bagi setiap orang. Banyak orang setuju bahwa kebahagiaan tidak dapat dinilai dengan uang. Namun pada kenyataannya sebagian besar impian yang membahagiakan seseorang harus dibayar/dibeli dengan uang.

Kecuali sudah terlahir sebagai anak milyuner atau menikah dengan pengusaha kaya raya, bekerja keras dan berhemat (plus menabung) bisa jadi merupakan satu-satunya cara untuk mewujudkan segala keinginan kita. Akan tetapi banyak orang yang mengalami kesulitan dalam berhemat dan menabung, meskipun memiliki pendapatan lebih dari cukup. Kebiasaan hidup konsumtif merupakan momok terbesar.

Beberapa tahun yang lalu saya menemukan buku bagus dengan judul ‘Rahasia Menjadi Kaya Sejak Usia Muda’. Judulnya sangat menarik, begitu juga dengan tampilannya, dan dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga tidak membosankan. Buku ini sebenarnya berisi cara mengelola uang yang baik dan cara mengembangkan diri kita agar lebih mudah menghasilkan uang sejak usia muda.

Iwan Wahyudi, penulis buku ini membeberkan cara mengelola uang yang cocok untuk dipraktekkan sejak berstatus pelajar dan mahasiswa. Ia membuka mata kita tentang bagaimana kita mengalami ‘bocor halus’, yaitu pengeluaran-pengeluaran kecil yang sesungguhnya tidak perlu dan seharusnya dapat ditabung. Ia juga mengingatkan kita untuk memilih atau membedakan mana yang menjadi ‘kebutuhan’ (dasar) dan mana yang menjadi ‘keinginan’ kita. Sebaiknya kita tidak membeli sesuatu yang tidak benar-benar kita butuhkan. Pemborosan seperti itu membuat kita sulit untuk menabung. Kita diajarkan untuk berhemat, tetapi juga jangan menjadi pelit, harus ingat amal dan sedekah. Penting untuk mencatat berapa pemasukan dan pengeluaran kita sehari-hari, agar tahu berapa persen yang kita belanjakan, di mana pengeluaran yang dapat dipangkas, dan berapa persen yang dapat kita tabung.

Dalam buku ini Iwan Wahyudi juga menyarankan untuk menghindari utang (penggunaan credit card dan pembelian barang/rumah/tanah dengan cara kredit) karena sebenarnya kredit sangat merugikan mengingat adanya bunga dan mekanisme penghitungan cicilan yang rumit (baca: menjebak) yang pada akhirnya akan membuat kita membayar jauh lebih mahal dari jumlah uang yang seharusnya kita keluarkan. Kita juga diajarkan untuk kebal terhadap jebakan promosi (diskon) yang membuat kita tanpa sengaja membeli barang-barang yang tidak penting atau tidak sedang kita butuhkan.

Selain itu ia juga menyarankan untuk berinvestasi. Bukan hanya berupa materi, tetapi juga keterampilan dan hal-hal positif lainnya untuk meningkatkan kualitas diri kita yang bisa kita pergunakan di kemudian hari dan tentunya menguntungkan bagi kita sendiri. Dalam buku ini kita diajak untuk menanamkan pikiran positif di kepala kita, kemudian menggali dan mengembangkan potensi/bakat yang kita miliki untuk membuat kita menjadi lebih produktif dan akhirnya dapat meningkatkan penghasilan. Contohnya ikut kursus-kursus keterampilan yang sesuai dengan potensi dan pekerjaan/cita-cita kita. Terakhir pada bagian penutup ia menyarankan untuk membuang jauh-jauh pikiran untuk mencari ’jalan pintas’ dalam kehidupan kita sehari-hari. Buku ini sangat berguna bagi para generasi muda yang ingin sukses di masa depan. Buku yang membuka wawasan dan cukup aplikatif.

  • Judul : Rahasia Menjadi Kaya Sejak Usia Muda
  • Penulis : Iwan Wahyudi
  • Penerbit : PT.Elex Media Komputindo
  • Tanggal terbit : Juni 2008
  • Tebal : 160 hlm
  • ISBN : 979-273-000-1

*Follow @raiyaroof via twiter

Komentar
  1. raiyaroof mengatakan:

    Sayangnya buku ini sudah susah dicari..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s