The Summons

Posted: Februari 4, 2013 in Books section

The Summons[Resensi] ‘Seruan terakhir sang mantan hakim dan misteri yang ditinggalkannya pada putra sulungnya.’

Penggemar novel yang terlalu banyak membaca teen/chick-lit dan novel-novel roman suatu hari tentu akan merasa bosan dengan plot yang sudah dapat ditebak. Seperti kebanyakan novel/drama percintaan, ceritanya akan terdiri dari perkenalan tokoh & masalah, konflik pertama, solusi, klimaks (konflik kedua), solusi/penyelesaian, penutup. Jika demikian ada baiknya untuk mencoba genre lain seperti novel-novel karya John Grisham yang diterbitkan oleh Gramedia. John Grisham tidak menulis cerita misteri dan kriminal melainkan konflik-konflik yang terjadi dalam kehidupan orang-orang yang terlibat dengan dunia pengadilan, yaitu hakim, jaksa, pengacara, terdakwa, saksi, klien dari biro hokum, dan sejenisnya.

Dalam novel berjudul The Summons ini, tokoh yang diangkat adalah seorang profesor hukum, bernama Ray Atlee, putra seorang mantan hakim besar yang terkenal adil, tegas dan jujur. Ray dan adiknya Forrest memiliki hubungan yang buruk dengan ayah mereka yang sudah tua dan sekarat karena mengidap kanker, diabetes, dan berbagai penyakit komplikasi lainnya. Ibu mereka telah lama meninggal sejak mereka masih remaja.

Ray si pemberontak, memilih untuk menempuh pendidikan dan profesi yang disukainya, yaitu menjadi pengajar di sebuah sekolah hukum ternama. Ia menolak untuk mengikuti harapan ayahnya agar membuka praktek hukum bersama ayahnya di kampung halaman. Adiknya, Forrest lebih kacau lagi karena telah menjadi kriminal dan pecandu sejak masih remaja dan bolak-balik menjalani detoksifikasi dan rehabilitasi selama hampir 20 tahun. Keduanya sama-sama gagal dalam menjalani rumah tangga dan sama-sama memilih untuk hidup terpisah, jauh dari sang ayah.

Suatu hari, kedua Atlee bersaudara mendapatkan surat panggilan bergaya resmi, khas sang mantan hakim tua. Tampaknya ayah mereka sudah demikian sekarat dan bersiap untuk mengucapkan testamen terakhirnya dan menyerahkan surat wasiat. Tidak banyak peninggalan yang bisa diharapkan selain sebuah rumah tua dan tidak terawat peninggalan keluarga Atlee di atas tanah yang luas di sebuah daerah terpencil dan mungkin sedikit uang tabungan. Sebagian besar penghasilan dan uang pensiun sang mantan hakim telah dihambur-hamburkan untuk amal, sebagian lagi untuk biaya pengobatannya.

Ray tiba di rumah ayahnya terlebih dahulu dan menemukan sang ayah sudah berbaring terbujur kaku sendirian di atas sofa ruang baca. Di tengah keterkejutan dan penyesalannya karena telah datang terlambat, ia menemukan berkotak-kotak uang tunai senilai lebih dari 3 juta dolar, tersusun rapi dalam lemari di bawah rak buku ayahnya. Jumlah tersebut jauh melebihi penghasilan yang mampu didapatkan ayahnya selama bekerja seumur hidupnya. Tanpa sepengetahuan adiknya bahkan siapapun, ia menyembunyikan uang tersebut sambil mencari tahu dari mana datangnya uang sebanyak itu. Ia harus menyelidiki semuanya sambil merahasiakannya dari aparat berwajib dan petugas pajak (IRS) yang sudah pasti akan mengambil setengahnya sebagai pajak warisan.

Namun dalam perjalanan penyelidikannya, Ray Atlee berulang kali mendapat teror dari sosok misterius yang tampaknya tahu akan keberadaan uang tersebut. Bahkan si peneror tampaknya tahu ke mana pun tujuan pelarian dan letak persembunyiannya. Bagaimanakah Ray akhirnya dapat menguak misteri sumber uang tersebut? Siapakah sosok misterius yang mengincar uang jutaan dolar tersebut? Apa yang akhirnya Ray lakukan dengan uang tersebut? Petualangan Ray Atlee dalam menyelidiki dan menyembunyikan uang tersebut akan membawa kita kepada akhir yang sulit diduga dan cukup mengharukan.

The Summons cukup menarik, meski tidak menyajikan konflik dan klimaks yang ‘wah’. Namun bagusnya tidak ada deskripsi panjang lebar dengan penjelasan yang rumit dan kurang bermanfaat terhadap struktur cerita seperti beberapa novel Grisham lainnya. Kisah dalam novel ini mengalir natural dan berhasil membuat pembaca terlarut dalam penuturannya. 3.5 of 5 stars dari saya!

  • Judul : Panggilan (The Summons)
  • Pengarang : John Grisham
  • Alih Bahasa : Hidayat Saleh
  • Penerbit : PT.Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun terbit : 2011 (cetakan kedua)
  • Tebal : 432 hlm
  • ISBN : 978-979-22-6188-2

Follow @raiyaroof via twiter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s