Tips Sukses Ala Tung Desem Waringin

Posted: Januari 20, 2013 in Intermezzo

DreamBaru-baru ini saya mengikuti beberapa episode show motivasi finansial dari Tung Desem Waringin di TVRI Nasional setiap hari Jumat pukul 20.00 WIB. Saya juga mengikuti twiter beliau di @TungDW. Beliau ingin memotivasi seluruh masyarakat Indonesia untuk berpikiran maju, bersemangat, dan giat bekerja agar bersama-sama memperoleh kemakmuran. Apa yang beliau ajarkan cukup masuk akal dan aplikatif, bahkan untuk orang-orang yang tidak memiliki modal besar. Beliau juga mengundang beberapa wirausahawan sukses yang telah berhasil membangun usahanya dari nol berkat saran-saran beliau untuk menceritakan pengalaman mereka di acara show tersebut.

Jujur saja, saya agak malas membaca buku-buku motivasi, apalagi jika buku tersebut cukup tebal. Namun dari apa yang saya peroleh melalui TV dan twiter, saya dapat menyimpulkan beberapa prinsip dasar yang ditekankan oleh Tung Desem Waringin, yaitu:

  1. Investasi ilmu pengetahuan dan wawasan. Tidak harus pendidikan formal, tetapi bisa juga dari belajar otodidak melalui buku, TV, radio, dan belajar dari ahlinya (mengamati, meniru, memodifikasi). Penting untuk memiliki keahlian dan kreativitas, karena bisa kita pergunakan di manapun dan sangat bermanfaat dalam meningkatkan karier, mengembangkan usaha, dan menambah pendapatan.
  2. Beramal. Beliau menekankan kewajiban kita sebagai umat beragama untuk memenuhi kewajiban finansial (dan kewajiban-kewajiban lainnya) kepada Tuhan yang Mahamemberi rezeki.
  3. Jujur (bisa dipercaya). Sekecil apapun, bahkan hanya mengambil kelebihan uang parkir atau sisa uang bensin milik atasan atau kantor, tetap saja itu namanya mencuri dan tidak jujur. Ketidakjujuran dapat menghambat karir. Sebaliknya orang yang bisa dipercaya akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan atau proyek yang dititipkan oleh pemilik modal, dan tentunya akan berujung pada meningkatnya pendapatan.
  4. Network/koneksi/kenalan. Kita harus jadi orang yang supel, meningkatkan pergaulan dan perbanyak kenalan. Bergaul dengan orang sukses atau ahli di bidangnya, kita akan bisa banyak belajar, bahkan bisa mendapatkan banyak bantuan saat akan membangun/mengembangkan sebuah usaha. Dengan memiliki banyak kenalan, kita juga akan lebih mudah mendapatkan banyak patner kerjasama dan pelanggan.
  5. Menabung, berinvestasi, berbisnis. Untuk poin yang satu ini silahkan membaca buku-buku finansial karya Pak Tung, atau menyaksikan shownya di televisi & VCD, atau mengikuti tips-tips beliau di media-media sosial.
  6. Pilih pekerjaan yang memberikan hasil lebih besar (tentunya yang halal). Kalau sudah investasi ilmu sejak kecil/remaja/kuliah, pasti lebih gampang pilih pekerjaan. Tapi tidak ada kata terlambat. Semua orang yang bisa membaca pasti masih bisa belajar, yang penting tekun.
  7. Ulet dan tidak mudah menyerah. Jika gagal atau menemui jalan buntu, berhentilah sejenak, pikirkan dan cari tahu letak kesalahan, kemudian berusaha memperbaikinya, cari jalan lain dengan lebih kreatif agar bisa berhasil.
  8. Berani bermimpi namun masuk akal dan punya rencana yang jelas untuk meraihnya.

Tips-tips dari pak Tung Desem Waringin tidak hanya ditujukan untuk orang-orang yang sudah selesai kuliah dan bekerja, tetapi juga bisa diaplikasikan untuk para pelajar dan mahasiswa. Beliau sangat menyarankan agar anak-anak muda lebih rajin dan bersemangat dalam menimba ilmu, belajar dengan lebih efektif, dan mulai belajar mencari uang sendiri dengan mencari pekerjaan sampingan, jualan, atau memberi les tambahan.

– Everybody deserves to be rich and success. All they need to do is find their suitable way. – (#katasaya)

*pic’s taken from http://www.allformp3.com/download/UpFiles/Images/Full_Images/Power-Quotes-of-Success-Screen-Saver.jpg

*Follow @raiyaroof via twiter

Komentar
  1. yuan ade sukma, MD mengatakan:

    mantap sekali tipsnya pak TDW, salam dari igist malang, keep success (y)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s