The Runaway Jury

Posted: Januari 14, 2013 in Books section

the runaway jury[Resensi] ‘Bagaimana seorang juri yang dipilih secara acak dapat memanipulasi sebuah persidangan besar.’

Ini bukan novel fiksi pertama dari John Grisham yang sudah saya baca – sudah beberapa judul. Namun dengan tema sistem peradilan AS, bagus juga kalau resensi novel-novel Grisham dimulai dari buku ini, tentang sebuah proses pra-sidang (meskipun tidak sesuai urutan tahun pertamakalinya terbit). Fyi, John Grisham adalah salah satu penulis novel best seller di Amerika Serikat dengan latar belakang pendidikan hukum dan berprofesi sebagai pengacara dan politisi. Tidak mengherankan jika novel-novelnya menggambarkan dunia hukum & peradilan serta konspirasi-konspirasi di dalamnya dengan sangat detil.

Dalam novel ini seperti biasa Grisham membuka cerita dengan kepingan-kepingan puzzle cerita yang samar. Pertama-tama kita masuk ke situasi pengintaian terhadap hampir dua ratus orang warga sipil yang ternyata terdaftar sebagai calon juri untuk persidangan sebuah kasus perdata gugatan dari seorang janda terhadap sebuah perusahaan rokok ternama. Karena suaminya telah meninggal dunia akibat kanker paru, perusahaan rokok tersebut dianggap bertanggung jawab atas penyakit suaminya yang telah mengisap rokok produksi perusahaan tersebut selama hampir 30 tahun.

Ratusan juri tersebut harus diseleksi hingga akhirnya berjumlah 12 orang ditambah 3 orang juri cadangan. Kedua pihak yang bersengketa dilarang keras melakukan kontak dengan calon juri dan juri terpilih karena dapat mempengaruhi hasil keputusan dan vonis dari para juri nantinya. Akan tetapi pengacara pihak penggugat dan pembela diam-diam mengintai para calon juri dan mengumpulkan informasi selengkapnya untuk mencari tahu identitasnya, pekerjaan, pendidikan, keluarganya, kebiasaannya, apakah ia merokok atau memiliki pengalaman yang berhubungan dengan efek buruk rokok, akun bank dan catatannya di kepolisian, hingga kepribadiannya, tanpa melakukan kontak langsung. Mereka bahkan menyewa grup konsultan juri untuk membaca reaksi, ekspresi, dan gerakan-gerakan kecil yang dilakukan para juri saat prasidang, simpatik atau tidak. Dengan demikian, pada saat penentuan 12 orang juri, mereka bisa memilih juri mana yang kira-kira akan mendukung pihak mereka masing-masing.

Si penggugat, Mrs.Celeste Wood, didampingi oleh biro hukum yang dipimpin oleh Wendall Rohr, seorang pengacara handal yang telah memenangkan beberapa kasus gugatan terhadap perusahaan-perusahaan besar. Selain dibantu oleh puluhan pengacara dengan idealisme yang sama, Rohr juga berhasil menggalang dukungan dari lembaga-lembaga dan para-aktivis antirokok. Sedangkan perusahaan Pynex sebagai tergugat, dibela oleh biro hukum Whitney & Cable & White.

Pynex merupakan satu dari empat perusahaan rokok raksasa yang disebut dengan The Big Four. Mereka mengumpulkan sejumlah dana yang disebut The Fund dan dikelola oleh Rankin Fitch. Kegunaannya untuk membayar sewa pengacara dan membiayai segala cara apapun yang dilakukan Fitch agar dapat memenangkan setiap sidang yang menempatkan mereka sebagai tergugat. Sejauh ini tidak ada sidang perkara gugatan terhadap keempat perusahaan rokok ini yang dimenangkan oleh penggugat.

Di antara para calon juri terdapat seorang pria muda bernama Nicholas Easter, yang dengan tidak-lazimnya tidak dapat ‘dibaca’ oleh kedua tim pengacara, khususnya para informan Fitch. Easter bagaikan manusia yang tiba-tiba muncul dari balik kabut asap atau jatuh dari langit, sangat misterius. Tidak ada yang tahu dengan pasti siapa dia, masa lalunya, dan apakah keberadaannya di boks juri akan menguntungkan atau tidak. Namun karena pilihan calon juri lain juga kurang begitu meyakinkan, Easter pun lolos dengan asumsi ia akan berada di pihak yang netral.

Rangkaian sidang pun dimulai. Fokus novel ini terletak pada kisah para juri dan Rankin Fitch. Pada akhir hari pertama sidang, muncul seorang wanita tidak dikenal yang menghubungi Fitch, mengusik dan mencoba menarik perhatiannya, namun segera menghilang tanpa jejak. Tidak ada yang tahu untuk tujuan apa dan kapan ia akan menghubungi Fitch. Wanita yang mengaku bernama Marlee itu tampaknya tahu tentang keberadaan dan sepak terjang kelompok rahasia Fitch.

Apa hubungan antara Marlee dan Nicholas Easter? Apa hubungan antara kedua orang ini dengan kasus gugatan serupa yang kalah di pengadilan empat tahun yang lalu? Konspirasi apa yang mereka susupkan dalam persidangan ini? Siapa yang akhirnya memenangkan perkara ini? Yang jelas, dengan kecerdikan dan persiapan matang yang telah disusun selama bertahun-tahun, Marlee berhasil meraup keuntungan jutaan dolar setelah sidang berakhir.

Bab awal novel ini diawali dengan sekelumit kisah pengintaian para calon juri yang ternyata kurang konstruktif terhadap keseluruhan isi novel. Selebihnya, John Grisham dengan jenius menjadikan sebuah persidangan besar sebagai kerangka cerita, mengisinya dengan kisah persaingan kedua belah pihak dalam menarik simpati para juri ditambah cara-cara licik dan ilegal yang dilakukan oleh kubu Fitch dengan dibumbui manipulasi-manipulasi kasat mata dan sedikit drama. Bagusnya, Grisham juga menyelipkan hasil riset-riset kedokteran yang membuktikan bahaya rokok terhadap kesehatan. 4 of 5 stars dari saya!

  • Judul : Juri Pilihan (The Runaway Jury)
  • Pengarang : John Grisham
  • Alih Bahasa : Hidayat Saleh
  • Penerbit : PT.Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun terbit : 2011 (cetakan keenam)
  • Tebal : 658 hlm
  • ISBN : 978-979-22-6185-1

*Tulisan ini juga dipublikasikan di akun Gramedia Pustaka Utama

*Follow @raiyaroof via twiter

Komentar
  1. raiyaroof mengatakan:

    Senang, resensi ini terpilih sebagai #resensipilihan Gramedia minggu lalu🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s