Provider Blekberi Paling Oke

Posted: Februari 29, 2012 in Intermezzo

Di tempat domisili saya, tengah-tengah pulau Kalimantan, provider yang bisa dipakai sangat terbatas. Jangan dikira kami hidup di tengah-tengah hutan dan primitif, hampir semua orang dewasa sudah punya hape. Provider yang paling populer adalah Telkomsel, karena jangkauannya luas hingga ke pelosok, meskipun tetap saja di desa-desa tertentu sinyalnya nggak dapat ditangkap. Provider alternatif adalah Telkom Flexi yang sangat tidak fleksibel, Indosat yang kurang familiar, dan XL yang iklannya suka lebay. Karena Telkomsel adalah provider pertama yang masuk daerah ini, maka mayoritas penduduknya menggunakan kartu Telkomsel. Akan tetapi bagi para pengguna blekberi, Telkomsel sangat menyebalkan karena super duper lemot. Saya sendiri yang tadinya sok menolak ikut tren, baru belakangan menggunakan blekberi. Saya enggan memilih Telkomsel (meskipun hape GSM saya sejak dulu pakai Telkomsel) karena telah mendengar berbagai keluhan soal jaringan Telkomsel yang kurang bersahabat. Saya memilih XL dengan asumsi penggunanya masih sedikit sehingga nggak perlu berebut jaringan dan koneksi, meskipun saat agak ke pinggir kota sedikit, sinyalnya akan melemah dan menghilang. Tarifnya sendiri nggak jauh berbeda. Terbukti blekberi saya bisa berfungsi optimal tanpa hambatan, baik untuk bbm, facebook, twitter, yahoo messenger, opera mini, web browser, semuanya bisa online berbarengan.

Pertama kali mengaktifkan layanan XL blekberi unlimited, karena ketidaktahuan dan kedodolan saya, saya membuang kesempatan untuk berlangganan hanya dengan pulsa 49 ribu/3 bulan. Tapi otak memang baru akan menjadi lebih cerdas dan kreatif saat lagi kepepet. Setelah menjalani 3 bulan pertama yg ‘mahal’, dibarengi dengan kondisi kantong lagi seret, saat masa berlangganan saya habis saya baru mendapatkan ide brilian yang super cemerlang! Beli nomor baru tiap 3 bulan dan hanya perlu mengeluarkan uang kurang dari 60 ribu rupiah per 3 bulan! Luar biasa! ‘Oh, mudah-mudahan promo ini berlangsung selamanya’ (ternyata promo berakhir hari ini, *menyesal*)

Akan tetapi ada harga ada kualitas. Di malam minggu dan hari perayaan semacam Valentine, koneksi blekberi saya bisa menghilang. Saya sampai bolak-balik lepas-pasang batere karena mengira blekberi saya lagi hang. Akhirnya, berdasarkan riset saya yang tidak profesional, saya menyimpulkan bahwa: Kalau di tanda sinyal ada tulisan EDGE (huruf kapital) dan bar sinyal penuh, artinya jaringan bagus, koneksi dari semua akses lancar; kalau bar sinyal hanya setengah, berarti masih bisa online berbagai media sosial, web, dan chat, tapi bbm lemot tingkat kabupaten. Kalau edge (huruf kecil), berapa pun bar sinyalnya, lebih baik nggak usah pegang-pegang blekberi, nggak ada gunanya. Kalau tulisannya GSM/gsm atau GPRS/gprs, yaelah, taruh aja di bawah bantal, nggak usah berharap blekberinya bakal bunyi. Jadi, kalau saya nggak balas bbm atau nggak tampak aktif di dunia maya, mungkin blekberi saya sedang nggak berfungsi. Fyi, blekberi saya tidak dimanfaatkan untuk telpon/SMS karena nomornya nggak jelas dan (akan) sering gonta-ganti kartu, juga karena konon katanya radiasi blekberi paling tinggi di antara semua jenis hape. Bahaya juga kalo sering-sering telpon pake blekberi.

*Follow @raiyaroof via twiter

Komentar
  1. fragment mengatakan:

    Kurang satu hal doc.. mencantumkan di mn daerah anda tinggal🙂

Tinggalkan Balasan

